Pelatihan Pembuatan Business Plan Model Canvas Untuk UMKM Kuliner Jalanan di Kawasan Gatot Subroto Banjarmasin

Bertempat di rumah makan ayam Kudus di Jalan Gatot Subroto Banjarmasin, pada hari Sabtu tanggal 22 Desember 2018, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin kembali melakukan kegiatan berupa pelatihan pembuatan business plan model canvas yang  diikuti oleh 10 UMKM Kuliner Jalanan.  Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi yaitu Bapak Syahrani, SE, MM yang mengharapkan  agar peserta dapat memanfaatkan kegiatan yang diadakan oleh tim PKM dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan rutin yang didanai oleh APBU Uniska untuk tahun anggaran 2018 yang dilakukan untuk mentransfer informasi dan ilmu pengetahuan kepada masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.   Tema kegiatan kali ini bertujuan untuk melatih para UMKM agar dapat  membuat perencanaan bisnis usaha mereka dengan mengadopsi konsep business plan model canvas yang menekankan kepada 9 komponen inti perencanaan bisnis.  Kesembilan komponen tersebut antara lain adalah :

  1. Customer Segments : yaitu kegiatan menentukan segmen target customer dari bisnis yang akan dikembangkan.
  2. Value Proposition : yaitu kegiatan memperkirakan kebutuhan customer yang sudah diidentifikasi pada customer segment.
  3. Channels : yaitu cara untuk mencapai customer.  
  4. Customer Relationship : yaitu mendefinisikan hubungan antara perusahaan dan customer.
  5. Revenue Streams : yaitu representasi dari jalur penerimaan uang yang akan diterima dari setiap customer segment. Pertanyaan yang harus dijawab adalah Bagaimana cara bisnis menghasilkan uang dari value /solusi/produk yang ditawarkan?
  6. Key Activities : adalah kegiatan utama yang menjelaskan hal terpenting yaitu perusahaan harus membuat model bisnis.
  7. Key Resources : adalah sumber daya utama yang menjelaskan mengenai aset terpenting yang diperlukan dalam membuat model bisnis kerja.
  8. Key Partnership : adalah kunci kemitraan yang menjelaskan jaringan pemasok dan mitra yang membuat pekerjaan model bisnis.
  9. Cost Structure : adalah struktur biaya yang menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan dalam mengoperasikan model bisnis ini.

Kegiatan pelathan membuat perencanaan bisnis untuk UMKM ini dirasakan sangat penting mengingat semakin tingginya tingkat persaingan bisnis yang ada saat  ini, apalagi hampir sebagian besar UMKM melaksanakan bisnisnya dibidang yang memiliki tingkat entry barrier nya rendah, sehingga memungkinkan usahanya dapat  ditiru dengan mudah oleh pesaing lain jika tidak memiliki keunggulan produk yang ditawarkan.

 

 

Share! ke media sosial anda...!