Mahasiswa Di Bekali Pengetahuan Tentang Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPPIRT), Branding (Label) dan Pemasaran

Selasa tanggal 17 September 2019, UPT Kewirausahaan & Inkubator Bisnis bertempat di gedung B ruang pascasarjana mengadakan kegiatan “Sosialisasi Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPPIRT), Branding (label) dan Pemasaran Bagi Mahasiswa” di lingkungan Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin yang di ikuti oleh 32 orang mahasiswa/i yang memiliki usaha sendiri. 

Kegiatan ini di awali dengan pemaparan tujuan kegiatan oleh Ibu Prihatini Ade Mayvita, SE, MM selaku Kepala UKIB Uniska MAB Banjarmasin, dimana kegiatan ini adalah lanjutan dari kegiatan yang telah di lakukan sebelumnya. Dan kemudian kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III Uniska Bapak Idzani Muttaqin, ST, MT.

Narasumber kegiatan sosialisasi ini langsung dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin yaitu Ibu Siti Fauzanah, SKM, MA beliau menjelaskan bahwa pentingnya SPPIRT dalam setiap hasil produksi yang di hasilkan individu maupun perusahaan. Karena dengan adanya SPPIRT yang didapatkan pada setiap produk akan menambah kejelasan atau rasa aman terhadap konsumen yang membeli produksi pangan yang dihasilkan, misalkan pada komposisi yang tertulis dapat menjelaskan isi kandungan bahan-bahan yang ada pada produksi tersebut.

Ibu Siti Fauzanah, SKM, MA.

Selanjutnya mengenai masalah branding dan pemasaran di sampaikan oleh narasumber yaitu seorang entrepreneur muda yaitu Bapak Rizal Fakhlifi dan Bapak M. Najmi Adhani, beliau memberikan pemahaman mengenai branding-branding yang dikenal masyarakat hanya dengan melihat logo maka konsumen akan mengetahui itu adalah branding siapa, misalkan seperti adidas, nike, dan gojek. Tanpa ada tulisan yang tertulis, dengan konsumen melihat logo garis tiga misalkan konsumen sudah kenal bahwa itu punya adidas.

Diharapkan setelah sosialisasi ini mahasiswa yang memiliki usaha khususnya produksi pada bidang makanan agar dapat segera mengurus SPPIRT produk mereka, karena akan memiliki dampak bisa dirasakan seperti produk hasil olahan bisa di jual di toko-toko pusat perbelanjaan. Dan selain itu dalam pembuatan label hendaknya di gunakan logo dengan perpaduan warna yang menarik atau mudah dikenali, dengan pemilihan logo yang tepat maka akan membuat proses pemasaran juga akan gampang. Karena akan membuat konsumen penasaran dan akan membeli produk tersebut.

Share! ke media sosial anda...!